Sabtu, 06 Oktober 2012

7 Hewan Simbiosis Laut Yang Menakjubkan

4.5 . Sabtu, 06 Oktober 2012

7 Hewan Simbiosis Laut Yang Menakjubkan
7 Hewan Simbiosis Laut Yang Menakjubkan - Dunia bawah laut memang sangat menakjubkan terlebih bagi mereka yang gemar menyelam. Kehidupan laut dihuni beragam jenis terumbu karang dengan berbagai bentuk serta ragam warna yang indah. Serta tentu saja segala mahluk yang hidup disekitar sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut Zuhan Helai. Karena hewan yang memiliki tentakel itu merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikro organisme hewan laut lainnya. 

Berikut adalah 7 Hewan Simbiosis Laut Yang Menakjubkan yang perlu sahabat ketahui :

 1. Feather Duster Worrn
Feather Duster Worrn atau Cacing Bulu Bersih adalah cacing laut yang hidup dalam karang atau dapat ditemukan dalam air yang keruh. Cacing yang berwarna cerah ini memiliki bagian bulu-bulu yang menyembunyikan kepala mereka dan berfungsi untuk melindungi diri. Untuk makanannya Feather Duster Worm ini biasa menyantap plankton atau makanan-makanan yang sangat halus yang tersebar di lautan. Dan cara Cacing Bulu Bersih ini muncul sangatlah unik yakni seolah-olah keluar dari batok power dan tubuhnya seakan menari-nari kekiri dan kekanan mengikui arus air.

 2. Flatworm
Flatwor atau Cacing Pipih merupakan hewan laut yang menakjubkan. Ciri fisiknya pipih yang melebar layaknya memiliki sayap berwarna-warni cerah seperti orange, biru, maupun motif lupet dan masih banyak lagi. Flatworm adalah hewan hemaprodit yang artinya bisa dibuahi atau membuahi. Pasangan Cacing Pipih akan beradu untuk menentukan siapa yang jantan dan betina. Peranan menjadi betina dianggap kalah karena peranan betina dianggap sulit dan membutuhkan lebih banyak energi serta pengorbanan untuk memelihara telur dan mengembangbiakannya.

 3. Sun Coral atau Karang Matahari
Melihat dari bentuknya Sun Coral ini memang seperti bunga matahari berwarna orange kekuningan yang cerah dengan nuansa hitam. Yang unik dari hewan yang hidup diperairan dalam tsb. adalah cara makannya, Sun Coral yang biasa makan plankton dan udang kecil ini menyedot mangsanya hingga tubuhnya kuncup seperti bunga yang belum mekar.

 4. Hammer Coral
Dinamakan Hammer Coral atau Karang Martil atau Karang Jangkar karena penampilannya seperti palu serta ujung tubuhnya yang bertentakel seperti jangkar. Hewan Hammer Coral umumnya berwarna hijau, coklat, ungu, biru serta kuning cerah pada ujung tentakel. Jika dilihat lebih dekat Hammer Coral ini seperti transparan. Hewan yang tersebar di Indo Pasifik ini merupakan teman akrab dari Clone Fish yang selalu berada disekitar Hammer Coral hingga masuk kedalam karang.

 5. Glaucus Atlanticus
Glaucus Atlanticus atau Siput Samudra Biru adalah salah satu hewan unik yang belum banyak diketahui banyak orang. Sekilas hewan laut yang berkuran 5-8 cm ini memiliki bentuk mirip kadal yang berkaki 6. Siput Samudra Biru yang banyak ditemukan diperairan hangat di seluruh dunia terutam diperairan sekitar Eropa dan Afrika bagian Selatan tsb. memiliki semacam gelembung udara dibagian perutnya yang membantunya mengapung dan melayang-layang dilautan. Meski beracun hewan yang berkelamin ganda ini ternyata dapat menyerap racun dari hewan mangsanya kemudian menyimpannya dalam anggota tubuhnya lalu digunakan sebagai alat pertahanan bagi dirinya sendiri.

6. Zoanthus
Zoanthus yang memiliki tubuh yang menyerupai payung-payung kecil yang umumnya membentuk koloni ini biasa dijumpai di pantai yang sedikit tenang dari ombak. Tubuhnya berwarna coklat atau hijau tua tergantung pada intensitas sinar yang diterima. Jika Zoanthus dipelihara di aquarium maka alga dengan jumlah yang banyak akan menghambat pertumbuhannya. Hewan Laut ini cukup memerlukan sinar yang baik hingga harus ditempatkan pada daerah dengan permukaan aquarium.

7. Sea Slug Sea Slug yang termasuk siput laut tidak bercangkang ini biasa ditemui di perairan trofis terutama di benua Autralia. Umumnya bentuk fisik dari hewan laut ini memiliki 2 tentakel dibagian kepalanya dengan mata kecil didasar masing-masing tentakel tsb. Yang membuat hewan laut ini menakjubkan adalah warnamya yang cerah seperti ungu, biru, merah pada bagian luar tubuhnya.

Sumber
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


14 komentar:

Herman Bagus mengatakan...

wah unik unik ya sob.. lama g posting nih ya sobat

Asis Sugianto mengatakan...

wah banyak juga nih hewan simbiosis lautnya sobat...

Reo Adam mengatakan...

gak ada gambarnya ya sob...?
coba klu dilengkapi dengan gamarnya kita jadi lebih tau jenis2 Hewan Simbiosis Laut Yang Menakjubkan itu
btw mksh infonya sob

Budy Shinichi mengatakan...

mana gambarnya.. mana gambarnya......... gambarnya donk pleaseeeee.....

Blog.Teliti.net mengatakan...

gk ada gambarnya sob .. ..
blogg nya juga bagus ..

http://blog.teliti.net/

Miz Tia mengatakan...

cantik blognya.. ^^.

Hanif Maliki mengatakan...

Nice share sob

sigit hermawan mengatakan...

mantap sob... jadi sering bolak balik kesini nich... salam persahabatan...

In'am Achsan mengatakan...

kunjungan perdana :) sambil baca2

visit, n koment back y di blogq :)
klo boleh skalian follow, ntar ak follow back.

http://achsanarea23.blogspot.com

Egi Aday mengatakan...

keren sob ..

http://www.my-computers86.co.cc/

Zevin mengatakan...

Trnyata di laut ada cacing pipih jg ya. Padahal aku takut sama cacing pipih.

TABUHGONG mengatakan...

mampir sobat

Em Albar mengatakan...

wah kemana aja nih mas, udah lama ngak nongol , kangen juga jadinya

Outbound Malang mengatakan...

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com