Minggu, 12 Agustus 2012

10 Video Musik Paling Kontroversial

4.5 . Minggu, 12 Agustus 2012

Berdaya imaginasi dan diproduksi dengan biaya super mahal, tidak menjamin sebuah karya video musik menjadi disukai atau dihargai. Banyak rambu yang harus diperhitungkan para videoclip maker agar karya mereka benar-benar bisa dinikmati penggemar dan mendapatkan penghargaan tinggi. Popularitas dalam dunia seni bukan melulu lantaran sensasi dan kontroversi, tapi akan lebih berharga dan berarti bila lahir dari sebuah keindahan cipta, rasa, karsa dari hati dan prestasi. Berikut adalah 10 video  musik paling kontroversial , yang dianggap telah menerobos nilai-nilai kepatutan di kalangan para penikmatnya. Sebagian besar video ini tidak lagi dapat diakses di youtube.com karena alasan konten yang tak sesuai.


1.Closer - Nine Inch Nails (1994)

closer_kontroversial1Terlepas dari konten seksual yang vulgar dalam lirik lagu 'Closer' (dimulai dengan bait "Aku ingin bercinta denganmu seperti binatang"), lagu ini menjadi hit Nine Inch terbesar saat itu, tahun 1994.

Video musik disutradarai Mark Romanek dan pertama kali ditayangkan 12 Mei 1994, kemudian difilmkan pada bulan April tahun yang sama. Meski banyak dikecam, Video yang durasinya sudah dipotong hingga tinggal 4:36 ini, tak dapat dipungkiri telah membuat popularitas Nine Inch semakin menjulang.

Video menggambarkan peristiwa yang berhubungan dengan agama,seksualitas, kekejaman binatang,politik dan teror yang diwujudkan dalam sebuah laboratorium ilmuwan gila pada abad ke 19. Semakin menghebohkan karena terdapat gambaran wanita telanjang dengan topeng salib, monyet yang diikat di kayu salib, kepala babi yang diputar pada sebuah mesin, diagram vulva, dan Reznor yang mengenakan topeng S & M sambil berayun di belenggu.

Menariknya, meski sangat kontroversial, video Romanek ini dianggap sebagai karya seni dan telah ditambahkan sebagai koleksi permanen Museum of Modern Art.


2.Viorar Loftarasa Til Vel - Sigur Ros (2002)

kissing-kontroversial2

Lagu Viorar Vel Til Loftarasa ini dipopulerkan oleh Sigur Ros, sebuah band dari Islandia. Apa yang sangat kontroversial dari video ini?

Video disetting pada kejadian tahun 1950-an di Islandia. Isinya, ciuman antara sepasang muda mudi yang hubungannya tidak direstui oleh ayah dari pihak laki-laki. Ciuman kontroversial itu digambarkan terjadi selama pertandingan sepakbola. Semua anggota band menjadi cameo dalam video musik: Jónsi sebagai pelatih tim sepak bola, Orri sebagai pencatat angka, Georg sebagai wasit, dan Kjartan bertindak sebagai salah seorang penonton.

Meski tidak ada konfirmasi secara resmi, sejumlah orang mengatakan, bila  pemeran anak laki-laki berambut gelap itu sebenarnya seorang gadis. Sebab tidak ada orang tua manapun yang akan menerima anak mereka berciuman seperti di dalam video tersebut. Jadi ciuman sepasang muda-mudi itu hanyalah sebuah trik yang bagus.

3.Jeremy - Pearl Jam (1992)


jeremy_kontroversial3Video ini menggambarkan seorang anak yang selalu diejek teman-teman sekelasnya dan diabaikan oleh orang tuanya. Pada akhir video, dia nampak berjalan-jalan di dalam kelas dengan pistol, lalu mengangkat lengan. Lewat sebuah tembakan, berikutnya digambarkan para siswa yang duduk diam dan terpana di dalam kelas terpercik semburat darah.

Lagu ini mengambil inspirasi utama dari sebuah artikel koran tentang anak bernama Jeremy Wade Delle, 15 tahun yang lahir 10 Februari 1975. Jeremy yang lahir di Richardson, Texas menembak dirinya sendiri di depan kelas bahasa Inggrisnya di Richardson High School pada pagi hari, tanggal 8 Januari 1991, sekitar pukul09:45.

Dalam sebuah wawancara 2009, si pembuat video, Vedder mengatakan bahwa ia merasa "perlu" mengambil artikel kecil dan membuatnya menjadi sesuatu yang bisa memicu reaksi dan kontroversi. MTV dan VH1 lantas menyensor video untuk tidak ditayangkan, dan bahkan sekarang, video yang membuat miris banyak orang ini sangat jarang terlihat atau ditemukan.



4.Lemon Incest - Gainsbourg Serge (1984)

lemon_kontroversial4






Video musik "Lemon Incest" dari penyanyi berkebangsaan Perancis, Serge Gainsbourg's ini cukup kontroversial. Bukan hanya karena sisi provokatifnya, tetapi karena lagu ini dia tulis untuk dirinya sendiri dan putrinya. Korelasi antara judul dan fakta dia tunjukkan melalui video, dimana dia benar-benar di tempat tidur dengan putrinya Charlotte yang baru berumur 12 tahun.



========================



5.(S)AINT - Marilyn Manson (2003)

saint_kontroversial5Diantara sejumlah video klip 'antikristus', bisa jadi (s) AINT adalah yang paling kontroversial. Bahkan pihak label Manson sendiri merasa jijik dengan adegan-adegan: melukai diri sendiri, mengendus kokain, bedak darah, dan perbudakan yang ditampilkan dalam video.

Setelah video klip asli (s)AINT dilarang beredar di Amerika Serikat, manson membuat versi lain yang sesuai, yang diperuntukkan televisi dan lainnya. Seiring rilis album "Lest We Forget," Manson pun merilis DVD tunggal yang menampilkan versi video musik yang asli, secara utuh (tidak dipotong), yang sebelumnya disensor pihak label. Agar bisa sampai kepada penggemarnya, CD/DVD Manson bisa diorder melalui website Manson. Manson juga merilis video Versi  eksplisit DVD nya di Australia dan Eropa.

Sedangkan di Jepang, diperlukan versi lain yang diedit terkait Undang-Undang sensor yang tidak memperbolehkan ekspos alat vital wanita di media. Video ini diluncurkan tahun 2003, namun banyak orang yang masih menganggapnya 'mimpi buruk'.


6.It's a beautiful day for cancer - Al Bino (2009)

cancer_albino_kontroversial6Lagu "It's a Beautiful Day for Kanker" yang dinyanyikan rapper Al Bino telah memicu perdebatan besar. Perdebatan tentang: apakah film dalam clip musik ini memang benar-benar dibuat oleh seorang seniman yang sedang 'naik daun' ataukah hanya sebuah kampanye. Klip ini menggambarkan sosok jahat yang mencari kepala, yang tumbuh dari tahi lalat di punggung seorang pria bertelanjang dada. Pria itu adalah penyanyi backing vokal Al Bino yang berkisah tentang kebodohan mandi matahari.




7.Smack My Bitch Up - The Prodigy (1997)

smack_my_bitch_kontroversial7"Smack My Bitch Up" adalah single ketiga belas yang dirilis band The Prodigy asal Inggris, tahun 1997. Lagu itu sangat kontroversial karena lirik, judul dan video musiknya dianggap mempromosikan kekerasan terhadap perempuan. Lyrics "Change my pitch up / Smack my bitch up" diulang berkali-kali di seluruh lagu, membuat lagu ini dilarang oleh BBC.

Video yang disutradarai Jonas Åkerlund, warga Swedia ini jauh lebih kontroversial dan populer dibandingkan lagunya sendiri. Adegan dalam film, menggambarkan kehidupan luar malam  hari di kota, yang difilmkan dari sudut pandang orang pertama. Menggambarkan acara minum-minum dan mengemudi, mengendus kokain, kekerasan, vandalisme, ketelanjangan dan seks.

Versi asli (tanpa editing), juga memasukkan adegan penggunaan heroin, pemukulan dan tabrak lari. Video ini juga mengekspos seorang penari telanjang (diperankan oleh model Teresa Mey) dan kekerasan seksual yang dialaminya. Meski ada larangan di televisi, namun tuntutan besar masyarakat yang penasaran dan ingin menikmatinya, membuat MTV akhirnya mengalah dan
menayangkannya. Itupun ditayangkan dalam news MTV setelah tengah malam.

Pada pertengahan 2002, versi asli tanpa editing disiarkan MTV2 dalam acara kilas balik video-video paling kontroversial yang pernah mengudara di MTV. Acara ini disiarkan tengah malam dan Smack My Bitch Up - The Prodigy  berada di urutan teratas video paling kontroversial dalam sejarah MTV. Meski menuai kontroversi, video ini berhasil memenangkan Best Dance Video and Breakthrough video dalam MTV Music Award.





====================

8.Like a Prayer - Madonna (1989)

prayer_madonna_kontroversial8



Penggunaan simbol-simbol katolik dalam Video musik Madonna ini, selain mendapat kecaman keras dari penganut Katolik, bisa jadi juga membuat kesal Paus. Dalam video, digambarkan seolah-olah do'a adalah sesuatu yang kuno yang bukan merupakan standar yang harus dilakukan pada masa sekarang. Kritik juga ditujukan atas adegan pembakaran salib, di mana Madonna digambarkan memiliki stigmata dan bagian dari orang suci.



===================

9.Call On Me - Eric Prydz (1982)

call_onme2-kontroversial9"Call on Me" adalah judul lagu yang pada  tahun 2004 lalu, ditampilkan DJ Swedia dan produser Eric Prydz. Video musiknya, disutradarai  Huse Monfaradi. Dalam video digambarkan rutinitas kelas aerobik wanita dengan mengenakan pakaian ala tahun '80 an yang seksi, yang dipandu Deanne Berry. Satu-satunya pria yang menikmati kegiatan itu, dimainkan oleh Juan Pablo Di Pace.

Banyak politisi dan keluarga yang mendorong pelarangan video ini. Namun sebenarnya ada dua versi video - salah satunya, yang sudah diedit disiarkan siang hari, sedangkan versi larut malamnya telah dipotong. Lagu ini menempati rating 1 Singles Chart di Inggris, Jerman dan Republik Irlandia. Sedangkan di Australia, debut "Call on Me" berada di urutan # 2.

Video ini juga menjadi video musik yang paling banyak didownload di sepanjang waktu di Australia. Karena popularitas dan permintaan tinggi, akhirnya panjang fitur DVD aerobik, dibebaskan.




10. The Thunder Rolls - Garth Brooks (1991)


country_kontroversial10




"The Thunder Rolls" adalah tentang seorang suami yang melakukan kecurangan dan kasar pada sang istri, hingga akhirnya dia mendapatkan balasan dibunuh sang istri. Adegan pelecehan dalam video, lebih jelas daripada lagunya sendiri. Video ini dilarang CMT dan TNN, namun memenangkan CMA Music Video of the Year.
 
Source: http://jongjava.com/web/index.php?option=com_content&view=article&id=1062:10-video-musik-paling-kontroversial&catid=26&Itemid=100027
Source: http://sangatuniksekali.blogspot.com/2012/08/10-video-musik-paling-kontroversial.html
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com