Jumat, 31 Agustus 2012

Pesisir Artik Siberia Meleleh Lepaskan Jutaan Ton Karbon

4.5 . Jumat, 31 Agustus 2012

Pesisir Artik Siberia Meleleh Lepaskan Jutaan Ton Karbon - Pesisir Arktik Siberia yang sudah membeku selama puluhan ribu tahun, kini mulai melepaskan simpanan karbon ke udara. Menurut penelitian, suhu dunia telah menyebabkan pesisir tersebut meleleh.

Pesisir Artik Siberia Meleleh Lepaskan Jutaan Ton Karbon

Karbon, sumber memanasnya Bumi, sudah terperangkap di sepanjang 7000 km pesisir timur laut Siberia sejak zaman es terakhir. Namun, memanasnya atmosfer serta erosi pesisir mengoyak lapisan es dan melepaskan sekitar 40 juta ton karbon per tahun ke udara. Angka itu lebih tinggi 10 kali lipat dari yang sebelumnya diperkirakan.

Stok karbondioksida yang dilepas ke udara itu menambah dahsyat efek pemanasan global. Hal tersebut menyebabkan lebih banyak karbon yang lepas ke udara, dan begitu terus selanjutnya.

Sekitar dua pertiga karbon tersebut lepas ke atmosfer sebagai karbondioksida, sedangkan sisanya terperangkap di sedimen lautan bagian atas. Sekitar setengah total jumlah karbon dunia yang terperangkap dalam tanah tertahan di kawasan Arktik.

Menurut penelitian yang dipimpin peneliti di Stockholm University, kawasan pesisir Arktik Siberia sedang mengalami penghangatan iklim dalam skala dua kali lipat lebih cepat dari rata-rata dunia. Awal pekan ini, ilmuwan AS sudah mengatakan bahwa es laut di Samudra Arktik sudah meleleh sampai ke jumlah paling sedikit.

Kawasan yang diteliti di studi 'Nature', bernama Yedoma, berukuran dua kali Swedia. Kawasan tersebut sangat jarang diteliti, karena lokasinya sulit dijangkau. Temuan itu sekaligus menyoroti lingkaran setan dari isu perubahan iklim.

"Kolaps dan erosi pesisir Pleistosen serta deposit dasar laut bisa mempercepat dampak menghangatnya iklim di Arktik," penelitian tersebut mengingatkan.

Kebocoran atmosfer di Yedoma jumlahnya sama dengan emisi tahunan lima juta mobil, dengan rata-rata buangan karbon lima ton per tahun dari kendaraan di Amerika Serikat.

Dalam studi terpisah yang juga muncul di Nature, peneliti di Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat menggunakan model komputer untuk menghitung kemungkinan adanya empat ton gas metana yang tersimpan di bawah lapisan es Antartika. Gas metana menyimpan panas matahari 25 kali lebih banyak dari karbondioksida.

Sebelum beku, kawasan tersebut penuh dengan sisa jasad organik yang terperangkap dalam sedimen yang kemudian tertutup es.

Para peneliti ini menyatakan, "Model komputer kami menunjukkan bahwa dalam jutaan tahun, mikroba mungkin mengubah karbon menjadi gas metana," sehingga kemudian bisa mempercepat menghangatnya iklim jika lapisan es ini mencair.

Hancurnya lapisan es di Antartika dianggap sebagai skenario terburuk oleh para ahli iklim. Beberapa penelitian bahkan menyebut bahwa lapisan es ini malah semakin tebal karena adanya kenaikan hujan salju secara lokal.

Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com