Senin, 27 Agustus 2012

Pentingnya Menghargai Karya Orang Lain

4.5 . Senin, 27 Agustus 2012

Pentingnya Menghargai Karya Orang Lain
Pentingnya Menghargai Karya Orang Lain - Pastinya anda juga punya perasaan yang sama seperti saya ketika Hasil Karya kita pindah tangan dan sudah singgah di blog orang lain. Artikel kita meski sedikit berbau "copas" tapi itu hanyalah ide yang dihasilkan dari tetesan keringat, jari dan pikiran.

Wajar bila kita merasa jengkel dengan ulah sang copaser yang nyata-nyata tak tahu Cara Menghargai Karya Orang Lain. Bagus tidaknya Karya Orang lain tetap harus kita hargai bila hati dan jantung kita masih menempel di raga.

Ada sedikit tips dari ADMIN Cigablogs ini, jika memang satu keterpaksaan anda COPAS artikel milik orang lain jangan pernah lupa untuk menyertakan Link Sumber yang hidup atau dofollow. Silahkan anda berpikir 2 kali untuk melakukan Copas, sebelum anda mematikan hajat hidup orang lain ! Ada contoh LINK SUMBER yang hidup atau DOFOLLOW dibawah artikel ini.
Selamat Berkarya !

Cara Menghargai Karya Orang Lain
Setiap hasil karya atau ciptaan pastilah melalui proses yang
sulit, waktu yang panjang, biaya yang tidak sedikit, dan tenaga
yang banyak, disamping itu pencipta juga harus menghadapi
resiko yang tidak ringan. Dengan dasar hal tersebut diatas ,
maka kita perlu menghargai hasil karya atau ciptaan orang lain.
Adapun cara menghargai hasil karya orang lain dapat kita
lakukan melalui :
a. Jika kita akan menggunakan ciptaan tersebut, maka kita
harus minta ijin kepada penciptanya atau pemegang hak
cipta.
b. Kita menggunakan ciptaan yang asli, bukan hasil bajakan.
c. Tidak melakukan pembajakan terhadap ciptaan orang lain.
d. Tidak menggunakan hasil karya orang lain untuk kejahatan
atau perbuatan yang melanggar hukum.
e. Tidak merubah hasil karya orang lain.

Nah, saya sebenarnya salah satu orang yang sering sekali mendownload lagu melalui free download. Tetapi saya mulai mengurangi intensitas saya untuk mendownload lagu di internet sehabis saya mengikuti pelajaran Intellectual Property Rights yang saya dapat di kampus. Agak susah memang menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menghargai karya orang lain. Memang salah satu cara adalah memblokir situs-situs free download kalau mau berkomitmen penuh atas Intellectual Property Rights ini, dan harus ada regulasi dan pengawasan yang ketat atas produksi barang-barang palsu. Saya pribadi sih, enggak akan protes kalau harus diberlakukan peraturan seperti itu. Karena memang seharusnya begitu. Tetapi saya yakin tetap saja akan ada pihak yang keberatan akan hal ini. Pasti.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata ?karya? sendiri dapat diartikan dengan kerja, pekerjaan, hasil perbuatan ataupun ciptaan terutama hasil karangan. Dari pengertian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa ?Karya? itu adalah suatu perbuatan yang menghasilkan sesuatu hal yang dapat dimanfaatkan oleh umat manusia. Dalam hal karya atau berkarya sendiri dapat berupa novel, karangan, artikel, buku, dan lain-lain. Sedangkan menghargai karya orang lain ialah salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antar manusia agar terwujud kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupakan pencerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai.

Di Negara kita, hasil karya atau kreasi dilindungi oleh hukum. Itu artinya sebuah karya dapat dipatenkan. Apabila orang lain ingin memakainya, maka harus izin kepada yang memiliki karya yang telah dipatenkan tersebut. Karya ? karya yang dilindungi oleh hukum diantaranya: Buku, Program komputer karya tulis yang diterbitkan, pamlet dan semua hasil karya tulis ; pidato ceramah; alat pembelajaran untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan ; musik atau lagu ; Arsitektur ; drama tari, wayang, pantomime ; segala bentuk seni rupa ; fotografi ; peta ; terjemahan, bunga rampai, data base dan lain sebagainya.

Perlu di ingat bahwa sebagai muslim dan muslimah, kita dalam hal berkarya harus sesuai dengan aturan agama islam diantaranya:

Mendasari diri dengan niat yang tulus ikhlas karena Allah SWT guna mencapai ridhanya dan hasil karyanya halalan thayyiban hasanan. Karena sesungguhnya Allah SWT hanya akan menerima karya amalan yang ikhlas.
Selalu memulai suatu karya dengan membaca basmalah
Melaksanakan kerja atau karya dengan penuh semangat, antusias guna mencapai hasil yang  optimal
Karya yang digeluti adalah halal
Bersikap dan berperilaku yang baik seperti jujur, amanah dan professional
Menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat
Sabar dan syukur

Menurut fitrahnya, setiap manusia akan merasa senang apabila hasil kerjanya dihargai orang lain. Misalnya : seorang pengrajin akan merasa senang apabila hasil karyanya di hargai orang lain apabila dapat dijual dengan harga yang mahal. Menghargai karya orang lain termasuk hal yang terpuji yang harus dilakukan, sebaliknya menghina dan mencela merupakan perilaku buruk yang harus dijauhi. Menghina dan mencela merupakan perilaku buruk, karena orang yang hasil karyanya di hina dan dicela biasanya akan merasa sakit hati. Rasulullah saw. sendiri menganjurkan untuk menghargai, menyetujui dan mendorong umat untuk melakukan usaha usaha agar hasil karyanya yang bermanfaat itu meningkat ke arah yang lebih maju.

Mengapa karya orang lain harus kita hargai? Kita harus menyadari bahwa untuk berkarya itu tidaklah mudah karena harus melalui perjuangan yang gigih, rajin, ulet dan mempunyai ketelitian dan ketekunan yang tinggi. Oleh karena itu kita harus dapat memberikan apresiasi yang tinggi atas karya yang telah diraihnya. Selain itu, maksud dari menghargai karya orang lain diantaranya:

Menjalin hubungan tali kasih sayang(silaturrahmi) khususnya antara yang memberi penghargaan dan yang diberi penghargaan.
Membut senang atau gembira orang yang hasil karyanya dihargai
Mendorong orang yang hasil karyanya di hargai, agar mempertahankan dan meningkatkan kualitas hasil karyanya ke arah yang lebih baik.
Menjauhkan dari sifat menghina dan mencela hasil karya orang lain karena merupakan perilaku buruk yang akan mendatangkan kerugian.
Meningkatkan taraf hidup orang yang diberi penghargaan apabila penghargaan yang diberikan itu berupa sejumlah uang, tugas belajar, atau menaikan pangkatnya ke jenjang yang lebih tinggi.
ΕΎ  Sikap menghargai karya orang lain sendiri dapat kita tunjukkan atau dimanifestasikan dalam bentuk ungkapan, pernyataan tertulis, sikap, penghargaan dan perbuatan. Penjelasannya sebagai berikut:
Menghargai karya orang lain dalam bentuk ungkapan, misalnya dengan sanjungan dan statement tentang karyanya. Sanjungan dan statementnya harus sesuai dengan realita. Tidak boleh berdusta guna menjilat atau mencari muka. Hal yang demikian termasuk perilaku yang tercela.
Dalam bentuk pernyataan tertulis juga dapat digunakan untuk menghargai karya orang lain, misalnya berupa piagam penghargaan, sertifikat, fandel atau sejenisnya. Penghargaan terhadap karya orang lain dapat juga dilakukan dengan memberikan hadiah, misalnya hadiah umrah, haji, rumah, kendaraan dan lain-lain.
Sikap seseorang juga dapat digunakan dalam menghargai karya orang lain, misalnya menunjukkan muka yang manis dan menyapa bila berjumpa dengan orang yang berkarya.
Menghargai karya orang lain juga dapat diwujudkan dengan perbuatan yaitu dengan memberi selamat kepada yang berkarya.
Dengan ringkas dapat dikatakan bahwa dalam rangka menghargai karya orang lain dapat dilakukan dengan memberikan apresiasi kepada orang yang berkarya secara objektif tanpa pandang bulu dan tidak mencelanya seandainya karyanya kurang berkualitas.
Perilaku terpuji berupa menghargai karya orang lain harus kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga antara satu dengan yang lainnya terhindar dari saling meremehkan. Kebiasaan menghargai karya orang lain dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, RT, RW, sekolah, kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, berbangsa, beragama dan bernegara.

Kebiasaan yang terpuji ini harus kita galakkan dalam berbagai macam lingkungan sebagai manifestasi bahwa antara yang satu dengan yang lainnya ada sisi lemahnya dan ada sisi istimewanya sehingga semuanya saling mengisi, saling Bantu membantu dan saling mengasihi dan harga menghargai antar sesama.

Super Copasan :
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


4 komentar:

Rumah Al Banna mengatakan...

Alhamdulillah,

kalau saya sendiri menggunakan Sistem Operasi GNU/Linux :D

bebas untuk dibagikan dan dicopy dan diedit :D

tmm999 mengatakan...

Bener banget, sudah selayaknya mulai menghargai hasil karya orang lain,,

Asep Haryono mengatakan...

Wah pemasangan fotonya sangat eye catching. Menampilkan wanita cantik memang menyedot perhatian. Mantaf artikelnya dan menambah wawasan dan pengetahuan saya.

Kunjungan Perdana. izin follows Ya. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

Anonim mengatakan...

WAW
~x(

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com