Selasa, 11 September 2012

7 Fakta Ajaib Hewan

4.5 . Selasa, 11 September 2012

7 Fakta Ajaib Hewan - Beragam jenis hewan yang berada di muka bumi ini dengan berjuta kelebihannya telah memukau manusia, terlebih para pencinta dunia satwa. Bahkan kelebihan hewan tersebut bisa dikategorikan keajaiban. 

7 Fakta Ajaib Hewan

Berikut 7 Fakta Ajaib Hewan :

1. Tikus Bisa Masuk ke Lubang Yang Sangat Kecil
Sekilas memang tidak masuk akal, namun sungguh ini merupakan fakta ajaib dari seekor tikus. Tikus ternyata bisa masuk ke lubang sebesar balpoint. Pada bulan-bulan di musim panas tikus biasanya hidup di luar rumah, akan tetapi ketika suhu mulai mendingin mereka akan masuk ke rumah-rumah atau ke lubang-lubang untuk mencari kehangatan. Oleh karena lunaknya tulang mereka dan kemampuan mereka untuk mengerat, sebuah lubang sebesar bolpoin (sekitar 6mm / 1/4 inci) bisa menjadi jalan bagi mereka untuk masuk. Setelah berada di dalam, mereka akan secara berkala mengerat hampir apapun, termasuk beton, timah, dan plastik. Hal ini untuk menjaga agar gigi mereka yang terus tumbuh tetap pada ukuran yang nyaman. Bertentangan dengan pendapat umumnya, tikus biasanya tidak suka keju – walaupun mereka kadang memakannya juga. Tikus bisa melompat setinggi 46 cm (18 inci), berenang, merayap dari atas ke bawah atau sebaliknya. Kalau ingin mencegah tikus masuk rumahmu, periksa semua lubang sebesar bolpoin – kalau ada, bisa menjadi jalan tikus untuk masuk.

2. Tikus tidak bisa muntah
Tikus tidak bisa muntah atau bersendawa karena terbatasnya sekat antara dua perutnya dan ketidakmampuan mereka untuk mengontrol otot diafragma yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Begitu juga halnya dengan kelinci dan marmut. Ini yang menyebabkan tikus mudah keracunan (yang biasanya sering dipakai untuk mengontrol populasi tikus). Karena ketidakmampuan ini, seekor tikus biasanya akan mencuil sedikit makanan untuk mencicipi apakah makanan tersebut membuatnya sakit (mereka tidak bisa muntah, tapi bisa merasakan bila ada hal yang tidak beres pada makanan). Jika mereka tidak merasa mual, selanjutnya mereka akan menghabiskan sisanya. 

3. Kambing Memiliki Mata Segi Empat
Tidak seperti makhluk pada umumnya, kambing memiliki mata segi empat.
Kita semua membayangkan bahwa pupil mata tentu memiliki bentuk bulat, karena bentuk itulah yang paling sering kita lihat (pada manusia). Akan tetapi kambing (dan hampir semua hewan berkuku tunggal) memiliki celah horizontal yang terlihat seperti segi empat. Hal ini menyebabkan kambing memiliki pandangan seluas 320 – 340 derajat; ini artinya mereka bisa melihat semua yang ada di sekelilingnya tanpa harus menengok (manusia memiliki pandangan seluas 160 – 210 derajat saja). Oleh karenanya pula, binatang dengan pupil segi empat bisa melihat lebih baik pada malam hari karena mereka memiliki pupil yang lebih lebar – yang bisa menutup dengan baik pada siang hari untuk membatasi cahaya yang masuk. Menariknya lagi, cumi-cumi juga memiliki mata segi empat.

4. Kuda Buta
Kuda tidak bisa melihat apapun yang berada tepat di depan mereka.
Kuda memiliki pandangan yang luas (juga mata yang paling besar dari seluruh mamalia darat). Mereka bisa memandang seluas lebih dari 350 derajat. Tetapi mereka memiliki dua buah blind spot (titik buta), sebuah tepat di hadapannya dan sebuah tepat di belakang kepalanya. Secara mendetail, kuda juga buta warna merah dan memiliki rasio pandangan hanya sebesar 20/33 (dibandingkan manusia normal 20/20).

5. Gorilla Gorilla Gorilla
Nama ilmiah Gorilla adalah Gorilla gorilla gorilla
Pertama – untuk lebih jelasnya, ini adalah nama ilmiah dari Gorila Dataran Rendah Barat (tipe ini yang paling sering dilihat di kebun binatang dan yang paling umum). Karena beberapa alasan, seringkali nama-nama gorila ini bercampur-baur. Maka, kalau seandainya kamu bukan Gorilla gorilla gorilla, pasti namamu adalah Gorilla gorilla diehli, atau Gorilla berengei berengei atau Gorilla berengei graurei.

6.  Angsa Pembunuh
Seekor angsa bisa mematahkan lengan manusia.
Lain kali jika kamu sedang memberi makan seekor angsa yang cantik, kemudian ingin menepuk punggungnya dengan lembut, jangan kamu lakukan! Angsa sangat protektif terhadap anak-anaknya dan mereka akan menggunakan sayapnya yang sangat kuat untuk mengusir anjing (dan terkadang juga manusia). Mereka memiliki bentang sayap sepanjang 2.75 meter (sekitar 9 kaki). Pada tahun 2001 seorang pemuda Irlandia mengalami patah lengan ketika mencoba membuat seekor angsa marah. Pada tahun berikutnya, seseorang juga mengalami hal yang sama.

7. Laba-laba Mudah Pecah
Kalau kamu menjatuhkan seekor tarantula, ia langsung pecah.
Sebelumnya, kecuali jika kamu alergi terhadap racun laba-laba, mereka umumnya tidak berbahaya bagi manusia (meskipun memiliki gigitan yang menyakitkan). Beberapa tarantula bisa menembakkan "rambut" dari kaki mereka yang bisa melukai kulit manusia dan menyebabkan rasa tidak sangat nyaman. Kembali pada fakta aneh, tarantula memiliki eksoskeleton (artinya kerangkanya berada di luar tubuh) seperti pada sebagian jenis udang dan kepiting. Mereka akan menanggalkan eksoskeletonnya secara berkala – biasanya dengan menggeletak di atas punggungnya. Ketika mereka sedang menanggalkan eksoskeletonnya, sebaiknya jangan didekati, karena mereka akan menyerang apapun sebab kondisinya yang sedang lemah. Karena eksoskeletonnya sangat mudah pecah, seandainya kamu menjatuhkan seekor tarantula meskipun rendah saja, ia akan pecah dan mati.

Demikian 7 Fakta Keajaiban Hewan, semoga bisa menambah wawasan anda tentang dunia satwa yang memang beragam dan unik.
Happy Blogging.
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


3 komentar:

Em Albar mengatakan...

hoh kuda kalo dekat buta ya...

Reo Adam mengatakan...

nyimak aja sob...
maaf jarang mampir,beberapa hari ini line internetku lemod banget jadi males buka latop.

kunang2 juga termasuk hewan ajaib,bisa mengeluarkan cahaya di mlm hari :)

cik awi mengatakan...

Wah memiliki ke ajaiban tersendiri2 ternyata para binatang

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com