Kamis, 13 September 2012

7 Penyakit Menggemparkan 2012

4.5 . Kamis, 13 September 2012

7 Penyakit Menggemparkan di Tahun 2012 - Tahun 2012 telah berjalan lebih dari setengah waktu, selama ini banyak peristiw yang terjadi termasuk dalam Dunia Kesehatan. Berbagai wabah penyakit menyerang manusia di berbagai negara, dan banyak diantaranya belum terpecahkan alias masih misterius apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya.

Ada juga penyakit yang sudah lama ditemukan, namun mewabah di waktu-waktu tertentu. Penyakit-penyakit ini ada yang disebabkan oleh virus, bakteri, namun ada juga yang disebabkan oleh hewan disekitar kita sehari-hari. Dari sekian banyak Penyakit Langka, Misterius, dan Mewabah yang terjadi di tahun 2012, berikut Cigablogs rangkum dalam 7 Penyakit Menggemparkan di Tahun 2012 :

1.  Penyakit Misterius Mirip AIDS
7 Penyakit Menggemparkan 2012
Sebuah penyakit misterius telah menyerang beberapa orang di Asia terutama di Thailand dan Taiwan sejak Agustus silam. Gejalanya sama seperti AIDS, padahal penderitanya tidak terbukti terinfeksi HIV. Setelah terserang penyakit ini sistem kekebalan penderita menjadi rusak sehingga tak mampu menangkis masuknya berbagai kuman atau virus ke dalam tubuh layaknya orang sehat. Menurut Dr. Sarah Browne, seorang peneliti dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases, penyakit yang tidak menular ini muncul saat penderita rata-rata berusia 50 tahun. Penyakit yang kabarnya pertama kali muncul pada tahun 2004 ini memang tidak membuat kebanyakan pasiennya mengalami gejala yang terlihat dari luar pisik, namun ternyata sistem kekebalan tubuh korban mengalami cacad kronis. Sayangnya karena masih minimnya keterangan Penyakit Yang Mirip AIDS ini banyak penderita yang menyalahartikan sebagai penyakit TBC.

2. Penyakit Mengangguk
Penyakit tersebut dinamakan Nodding atau Mengangguk, mewabah di Uganda, Sudan Selatan, dan Tanzania sekitar bulan Maret 2012 lalu. Sindrom yang hanya menyerang anak-anak itu akan membuat penderita mengalami serangan pingsan tiba-tiba, pertumbuhan pisik dan mental yang terganggu, serta kebiasaan mengangguk terus-menerus. Pada tingkat yang sangat parah, sindrom Menganggu dapat menyebabkan kejang tak terkontrol dan akhirnya korban meninggal dunia. Gejala paling berbahaya adalah mereka tiba-tiba membakar sesuatu. Gejala inilah yang akhirnya menewaskan 200 anak di beberapa desa Uganda. Untuk mencegah hal ini, para orangtua terpaksa memasung anak mereka di dalam rumah.

3. Penyakit Pernapasan di Kamboja
Juli 2012 silam dunia dikejutkan dengan Penyakit Misterius yang menyerang Kamboja. Para orangtua di Kamboja sedang dilanda kecemasan. Sebab, ada 61 hingga 62 anak tewas akibat penyakit misterius. Mereka mengalami gejala demam, peradangan pada otak,  dan gangguan pernapasan. Penyakit ini begitu cepat menyerang dan merusak pernapasan para korban, kemudian korban akan meninggal dalam waktu 24 jam. Badan Kesehatan Dunia (WHO) turun tangan membantu Kamboja untuk menyelidiki Penyakit Misterius tsb.

4. Penyakit Langka Encephalitis Lembah Murray
Awal Januari silam otoritas kesehatan Australia mengeluarkan peringatan dini atas wabah penyakit langka yang mematikan yakni penyakit encphalitis lembah Murray. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tsb.awalnya ditemukan pada ayam di negara bagian Australia, New South Wales. Namun demikian manusia rentan terinfeksi oleh penyakit tersebut. Bila sudah menjangkiti manusia, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, demam, leher kaku, mengantuk dan kebingungan. Dalam jangka panjang penyakit tersebut akan menimbulkan gangguan saraf, hingga bisa mengakibatkan kematian.Virus ini sebagian besar ditemukan di bagian terpencil di wilayah Utara dan Barat Australia, yang memiliki intensitas hujan yang sangat tinggi dan menjadi situasi yang kondusif bagi nyamuk untuk berkembang biak. Untuk itu otoritas kesehatan Australia, menyerukan kepada masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan, dengan memberantas sarang nyamuk.

5. Penyakit Kulit Yang Mematikan
April lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) prihatin akan wabah Penyakit Kulit Misterius yang tengah menjangkiti Vietnam. Penyakit kulit ini menyerang lebih dari 170 orang dengan gejala awal demam tinggi dan kehilangan napsu makan, kemudian akan muncul ruang kulit yang tampak seperti luka bakar. Di bulan April saja sebanyak 19 orang meninggal dunia secara misterius di Vietnam,dan sebagian besar adalah anak-anak. Berdasarkan pemberitaan media setempat, kasus pertama muncul di sejumlah desa pegunungan di Provinsi Quang Ngai, di Vietnam tengah. Wakil Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long, mengatakan pihaknya akan meminta bantuan Organisasi Kesehatan Dunia dan para pakar penyakit menular dari Amerika Serikat. pihaknya juga sudah mengambil sejumlah langkah, untuk mengantisipasi, bertambahnya korban jiwa, akibat penyakit tersebut. 

6. Penyakit Chagas
Dunia Kesehatan belum lama ini digemparkan oleh banyaknya korban yang terjangkit aneh yang bisa membuat jantung manusia membengkak dan meledak. Awalnya para ahli menduga bahwa penyakit sejenis penyakit AIDS tapi lebih mematikan, namun kemudian para ilmuwan akhirnya berhasil mengidentifikasi bahwa sebuah serangga penghisap darahlah yang menyebarkan wabah tsb. Penyakit yang disebut Chagas itu sebenarnya sudah ada sejak lama, namun penyebabnya baru diketahui baru-baru ini yaitu disebabkan oleh gigitan serangga kecil, bersayap, berwarna hitam Triatominae. Penyakit Chagas terjadi secara eksklusif di Amerika, khususnya di daerah yang miskin, pedesaan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

7. Virus Mematikan di China
Pertengahan Juli lalu 112 orang di China meninggal akibat wabah virus mematikan, bahkan Departemen Kesehatan China melaporkan 381.000 orang terinfeksi penyakit yang menyerang kaki, tangan dan mulut korban. Di bulan sebelumnya yaitu di bulan Juni silam hanya di satu propinsi saja yaitu di Hunan 34.000 lebih kasus dilaporkan terjadi dan 17 orang meninggal akibat penyakit tsb. Penyakit yang dikenal dengan nama Virus Singapura ini menyebabkan luka dimulut seperti sariawan, ruang kulit dan demam. Virus yang mudah sekali menular ini banyak menyerang bayi dan anak-anak hingga usia 5 tahun. Oleh sebab itu penderita harus dikarantina atau dipisahkan dari orang lain. Virus Singapura menular melalui pencernaan dan saluran pernapasan, penularan kontak secara tidak langsung dapat terjadi melalui pemakaian bersama handuk, baju, peralatan makanan dan mainan yang terkontaminasi. Virus Singapura sebenarnya telah lama ada, namun penyakit ini kembali mewabah tahun 2012 ini.
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


2 komentar:

Wammy San mengatakan...

jangan lupa sist, dengan tomcat..

Herman Bagus mengatakan...

yang penting tetap waspada..

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com