Minggu, 02 September 2012

Misteri Hemoglobin Pada Sel Darah Manusia

4.5 . Minggu, 02 September 2012

Misteri Hemoglobin Pada Sel Darah Manusia - Para ilmuwan baru-baru ini berhasil memecahkan Misteri Hemoglobin Pada Sel Darah Manusia. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dilansir dari Live Science, Minggu (2/9/2012), sel-sel hemoglobin tersebut akan jadi beracun bila dilepaskan di luar sel-sel darah dan pada penyakit seperti malaria, biasanya terjadi pengeluaran hemoglobin yang berlebihan.

Untuk melawan sifat beracun hemoglobin, tubuh memiliki cara pertahanan sendiri. Protein darah haptoglobin menangkap hemoglobin yang melarikan diri dan mengarahkannya pada reseptor yang menelan kedua protein itu.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan telah dibingungkan oleh struktur kompleks dalam haptoglobin dan hemoglobin, tapi sekarang para peneliti Denmark melaporkan dalam jurnal Nature bahwa mereka telah akhirnya berhasil memecahkannya.

Para ilmuwan itu memetakan senyawa protein tersebut. Peta ini menjelaskan bagaimana bentuk kompleks haptoglobin-hemoglobin dan bisa mengembangkan pemahaman tentang sel darah merah.

"Setelah banyak percobaan gagal, terobosan kami datang ketika kita menyerah menggunakan bahan penelitian dari manusia dan pergi ke rumah jagal lokal untuk membeli darah babi," kata peneliti dari Aarhus University di Denmark, Soren Kragh Moestrup.

"Ini bukan soal pendekatan dengan teknologi tinggi, tapi transisi dari mempelajari darah manusia ke darah milik spesies yang dekat dengan homologi telah membawa keajaiban," imbuhnya.

Sumber
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com