Senin, 10 September 2012

Bukti Sejarah Yang Terlupakan

4.5 . Senin, 10 September 2012

Bukti Sejarah Yang TerlupakanBukti Sejarah Yang Terlupakan - Sebagai bukti adanya sebuah peradaban adalah salah satu dari gunanya kita mempelajari sejarah. Namun karena banyak faktor beberapa bukti sejarah ada yang hanya berupa kisah secara turun temurun tanpa dilihat bukti secara fisik meski telah terdokumentasi. Tetapi ada juga yang sedikit beruntung karena masih menyisakan bukti fisik meski hanya sedikit saja.

Salah satu kutipan yang paling terkenal mengenai sejarah dan pentingnya kita belajar mengenai sejarah ditulis oleh seorang filsuf dari Spanyol, George Santayana. Katanya: "Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya."

Filsuf dari Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel mengemukakan dalam pemikirannya tentang sejarah: "Inilah yang diajarkan oleh sejarah dan pengalaman: bahwa manusia dan pemerintahan tidak pernah belajar apa pun dari sejarah atau prinsip-prinsip yang didapat darinya." Kalimat ini diulang kembali oleh negarawan dari Inggris Raya, Winston Churchill, katanya: "Satu-satunya hal yang kita pelajari dari sejarah adalah bahwa kita tidak benar-benar belajar darinya."

Masih ada bangunan-bangunan yang memiliki sejarah unik, mengenaskan dan semua tinggal kenangan untuk kita ketahui karena dari sejarahlah kita dapat mempelajari apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Bukti Sejarah Yang Terlupakan dan menghilang itu diantanya:

1. Kapal Perang American Star - Amerika Serikat
American Star
Konon diceritakan pada jaman dahulu kala Kapal The American Star ini sedemikian kokoh dan megah, siap mengarungi samudra manapun. Namun sekarang kapal ini seperti rumah hantu di perairan pantai dengan kondisi pisik yang menyedihkan. Kapal yang di buat 1943 ini terdampar di lepas pantai kepulauan Canary Spanyol, setelah badai laut menghantamnya di tahun 1994 yang lalu. Setelah kapal ini terdampar, penduduk setempat merampoknya habis-habisan.Kapal ini patah menjadi dua bagian diterjang ombak selama bertahun-tahun hingga akhirnya kapal ini tenggelam di kedalaman laut di tahun 2007 lalu.

2. Gereja San Juan – Meksiko
Gereja San Juan
Pada tanggal 20 Februari 1943 terjadi sebuah bencana alam yakni meletusnya gunung berapi di Paricutin Meksiko yang meluluh-lantakan dua buah desa dalam seketika dan tak ada lagi bangunan yang tersisa,karena larva,debu dan luapan material vulkanis telah mengubur dan menutupi kedua buah desa tsb.termasuk sebuah pemakaman.Namun 44 tahun setelah letusan dasyat itu sebuah keajaiban terjadi.Ketika aliran larva berhenti dan membeku sebelum mencapai menara bel sebuah gereja.Inilah satu-satunya penanda bahwa dulunya di kawasan itu pernah ada dua desa.Menara Gereja San Juan berdiri tegak di atas lautan larva ini menjadi tampak mengerikan dan angker.

3. Lighthouse yang Tenggelam dalam Lautan Pasir
Rujberg
Mercusuar Rubjerg di Jutlandia Knude Denmark, mulai beroperasi pada 27 Desember 1900 (pembangunannya dimulai tahun 1899). Mercusuar ini berada di puncak tebing L√łnstrup Klint, 60 meter di atas permukaan laut. Mercusuar ini beroperasi sampai 1908, di sebuah pabrik gas, lalu pada 1 Agustus 1968, berhenti beroperasi. Kini mercusuar itu telah menjadi bukit pasir raksasa. Padahal dulu mercusuar ini menjadi icon yang berada di ketinggian. Erosi selama bertahun tahun membuat bangunan itu mengikis dan tinggal puing-puing. Meski demikian masih terlihat kejayaan masa lalu.

4. Konstruksi Crane terkubur di Ice Sheet
Konstruksi Crane terkubur di Ice Sheet
Pada pertengahan 1960-an, ITT membangun jalur transmisi listrik di Antartika. Menara transmisi berdiri 115 meter. Seperti yang anda lihat di foto ini, semua kecuali menara setinggi 40 feet sekarang terkubur di dalam es, dan derek yang digunakan untuk membangun menara benar-benar tertutup oleh es Tidak hanya menara transmisi yang dikubur, tapi juga stasiun penelitian Antartika sendiri. Stasiun Byrd tua telah ditutup dan terkubur di dalam timbunan es 40-50 meter.

Sumber
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


2 komentar:

Ants Kaka mengatakan...

jangankan terlupakan sob,saya aja baru tau sekarang dari blog sobat ini,hehehe...
coba sobat share yang dari Indo aja,pasti lebih menarik lagi sob buat kita" ini,thanks sob sekedar masukan aja ya...

Ciga Golb mengatakan...

@Ants Kaka
Masukan yang brilian,pasti ku pertimbangkan dan kugali.
Makasih banyak sobat.
Happy blogging.

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com