Sabtu, 15 September 2012

7 Negara Terkecil dan Teraneh di Dunia

4.5 . Sabtu, 15 September 2012

7 Negara Terkecil dan Teraneh di Dunia
7 Negara Terkecil dan Teraneh di Dunia - Syarat utama dari sebuah Negara adalah memiliki wilayah dan pemerintahan yang berdaulat. Selain itu yang paling mendapat pengakuan dari negara lainnya. Dan sebuah negara dapat terbentuk akibat Pendudukan, Penyerahan, ataupun Pengumuman atau Proklamasi. Agak berbeda dengan 7 Negara berikut ini, selain  yang umumnya memiliki wilayah yang sangat kecil, 7 Negara ini juga terbentuk karena alasan yang sepertinya agak aneh dan sedikit konyol, seperti lelucon ataupun sedikit protes.

1. Sealand
Sealand mungkin adalah Negara Mini yang paling dikenal secara luas. Mungkin karena ceritanya yang menarik dan banyak disebarluaskan. Sealand berada sekitar 10 km dari pesisir pantai Inggris. Awalnya merupakan benteng pertahanan pada jaman Perang Dunia II tahun 1967. Paddy Roy Bates (Knock John) menghuni tempat ini dengan menjalankan stasiun radio bajak laut. Dia dan keluarganya kemudian menyatakan Sealand sebagai sebuah negara, hingga menerbitkan paspor sendiri. Bates mengaku Sealand telah diakui secara de facto oleh Jerman dan Inggris.


Wilayah: 0.00055 km2
Populasi: 27 (2002)
Pemimpin : Michael Bates

Terdapat kejadian yang menarik pada 1978. Saat Bates keluar negeri, Alexander Achenbach yang mengaku sebagai Perdana Mentri Sealand, bersama beberapa orang Jerman dan komplotan Belanda, melakukan kudeta terhadap wilayah ini. Kemudian Bates meminta bantuan militer untuk merebut kembali Sealand, hingga akhirnya Achenbach dan komplotannya ditangkap. Karena Achenbach memiliki paspor Sealand, maka ia ditahan sebagai penghianat negara, sedangkan komplotannya dibebaskan.

2. Kerajaan Hutt River
Kerajaan ini didirikan oleh Leonard Casley di tahun 1970. Negara Mini ini terbentuk ketika 5 keluarga besar yang memiliki perkebunan di provinsi Hutt River terlibat perselisihan dengan pemerintah Australia. Keluarga tersebut telah melanggar aturan pemerintah Australia yang membatasi hasil produksi gandum yang diperbolehkan dijual secara legal dalam waktu tertentu.


Wilayah: 75 Km2
Populasi: Sekitar 20 penghuni dan 13,000-18,000 warga di luar negeri.
Pemimpin: His Royal Highness Prince Leonard I


Ketika kasus ini masuk pengadilan, Casley yang merupakan pemimpin 5 keluarga ini, mendeklarasikan diri sebagai “His Royal Highness Prince Leonard I” untuk memanfaatkan hukum lama yang menyebutkan apabila melangar aturan sebuah kerajaan, akan dihukum sebagai penghianat, kemudian ia menggunakan hukum ini sebagai upayanya untuk melepaskan diri dari Australia.

3. Republik Molossia
Negara dengan wilayah: 58 km2 dan memiliki pemimpin tertinggi Presiden Kevin Baugh ini berada di dekat Dayton, Nevada,Amerika Serikat. Negara ini terdiri dari sebidang tanah yang dimiliki oleh Kevin Baugh, termasuk kedua tanah yang dimilikinya di wilayah Pennsylvania dan California. Yang menarik,sang presiden berdandan ala diktator, lengkap dengan seragam militer dan kacamata hitam. Begitupula dandanan dari para firts lady dan para menteri yang memberi kesan tersendiri.



Tak hanya tanah-tanah yang diatas, Baugh juga mengakui sebidang wilayah di lautan pasifik dan Planet Venus. Keunikan lainya Molossia membayar pajak ke Amerika tetapi oleh mereka banuan tersebuat dianggap sebagai ‘bantuan luar negeri’.

4. Negara Luar Angkasa
Pada tahun 1949, seorang berkebangsaan Amerika, James Mangan, mengklaim jagat raya sebagai sebuah negara. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah negara-negara di dunia mengambil hak milik jagat raya ini. Usaha Thomas banyak mengundang simpati orang luas, tetapi ide ini pun kemudian padam seiring dengan meninggalnya sang pemimpin.


Wilayah: Seluruh Jagat Raya, kecuali Bumi
Populasi: ??
Pemimpin: James Thomas Mangan

5. Pulau Rose
Pada 1967, seorang Insinyur berkebangsaan Itali, membangun sebuah bangunan diatas laut dekat pantai Rimini, Italia. Bangunan terapung itu memiliki restoran, klub malam, dan toko suvenir, untuk menarik para turis. Pada 1968, Rosa mendeklarasikan kemerdekaannya dari Itali. Dan reaksi Itali terhadap pemisahan tersebut cukup keras, Itali menganggap usaha Rosa ini adalah kriminal, untuk melepaskan diri dari kewajiban membayar pajak, sehingga Itali mengirimkan penagih pajak dan polisi untuk mengamankan wilayah ini. Dan kemudian meledakkannya hingga lenyap dari muka bumi.

Wilayah: 0.0004 km2
Populasi: beragam
Pemimpin: Presiden Giorgio Rosa


Westarctica adalah dataran es yang luas di bagian barat Antartika, tak berpemilik hingga 2001, ketika seorang berkebangsaan Amerika, Travis McHenry menemukan celah dalam perjanjian antar negara mengenai Antartika. Pada dasarnya, dalam perjanjian antar negara, tidak memperbolehkan negara apapun untuk mengklaim wilayah Antartika, tetapi tidak menjelaskan aturan apapun bagi ’seorang individu’ yang memliki niatan untuk mengklaim wilayah tersebut. McHenry kemudian mengklaim sebuah wilayah di bagian barat Antartika.

Wilayah: 784 km2
Populasi:
Pemimpin: Greenpeace

6. Waveland
Secara fisik Waveland merupakan gunung batu tak berpenghuni di tengah lautan dekat Inggris. Kepemilikannya diperebutkan oleh Inggris, Iceland, dan Denmark. Pada 1997, organisasi pecinta lingkungan, Greenpeace, menduduki wilayah ini dan mendeklarasikan negara Waveland. Mereka menawarkan kewarganegaraan bagi siapapun yang mau mengucap sumpah kesetiaan.


Ini merupakan bentuk protes terhadap pengeboran minyak yang terjadi di daerah tersebut. Aksi protes tersebut berlangsung hingga 1999, sampai akhirnya pendanaan mulai terhambat, Waveland pun ditinggalkan, yang tertinggal hanyalah bangunan mercu suar untuk membanu para pelaut menghindari gunung batu ini.


7. Kerajaan Talossa
Kerajaan Talossa adalah sebuah wilayah 13 km2, ditambah sebagian besar Antartika. Berawal dari seorang pemuda 14 tahun Robert Madison yang pada 1979 lalu mendirikan Kerajaan Talossa. Pada mulanya ia hanya mengklaim kamar tidur pribadinya sebagai negaranya, hingga kemudian saat ia tumbuh besar ia menklaim wilayah yang lebih luas lagi termasuk bagian timur Milwaukee dan dua pulau di Antartika dan Perancis.


Ia juga menyebut dirinya sebagai King John I. Disebutkan Talossa memang sebuah konsep konyol tetapi banyak muncul di media.

Demikian sekilas info tentang  7 Negara Terkecil dan Teraneh di Dunia, semoga bisa memuaskan anda.
Happy weekend and Happy Blogging !
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


7 komentar:

Ants Kaka mengatakan...

yang no. 1 aneh banget,yang no. 4 gila tuh, yang no. 6 lebih aneh,,
ada" aja kelakuan orang sono ya...hehehehee

Ciga Golb mengatakan...

@Ants Kaka
Klo menurut saya agak mendingan Waveland sob,tidak terlalu konyol, karena Waveland "dimaksudkan" untuk penggalangan suport dan bentuk protes akan perusakan lingkungan akibat pengeboran minyak diwilayah tsb.
Makasih kehadirannya sob,happy weekend and happy blogging.

Reo Adam mengatakan...

kalau menurut saya no.1 sampai no.7 memang betul2 negara aneh.tapi infonya menarik,menambah pengetahuan kita semua.
nice share sob

Ants Kaka mengatakan...

@Ciga Golbiya juga sih kalo diliat dari asl usulnya,tapi kalo di liat dari bentuk fisiknya,,hem....aneh aja...
happy weekend juga,,jalan" yuk...

Muro'i El-Barezy mengatakan...

wah bener2 negara yang aneh aneh ya sobat, salam sukses selalu buat sobat

Nakusan mengatakan...

bener2 aneh dan konyol. makasih infonya kawan.

Herman Bagus mengatakan...

aneh aneh ya sob..

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com