Selasa, 07 Agustus 2012

Trik Mengetahui Pencurian Artikel

4.5 . Selasa, 07 Agustus 2012

Ngeblog adalah menulis. Menjadi seorang blogger berarti menjadi seorang penulis (penulis online). Semakin produktif dampaknya akan semakin baik. Baik untuk blog dan juga baik untuk pemilik blog. Membuat artikel memang cukup mudah, tapi akan memakan banyak waktu. Tergantung seproduktif mana anda dalam menulis artikel. Tujuan anda menulis artikel tidak lain adalah untuk menjadikan blog yang anda manage kaya akan postingan. Selain itu, juga untuk memperbaiki rangkin blog anda di search engine, baik itu Google, Bing ataupun search engine lainnya. Meski SEO merupakan salah satu metode yang sangat berpengaruh untuk optimasi blog bukan berarti SEO bisa berbuah hasil secara maksimal tanpa adanya postingan yang memadai.

Artikel yang anda publish pastinya untuk anda sajikan kepada para pengunjung. Memberikan informasi atau bimbingan sesuai dengan tema blog anda agar dapat membantu para pembaca yang masih dalam kesulitan/proses pembelajaran. Blogging is share, setiap blogger selalu dengan senang hati membagikan apa yang diketahuinya kepada orang/blogger lain. Artikel yang anda muat di blog bertujuan untuk mendidik dan memberikan arahan. Kemudahan serta keterbukaan sajian informasi di blog sekarang ini banyak disalahgunakan oleh sebagian orang, termasuk pencurian artikel untuk dimuat di blog lain atau yang biasa kita kenal dengan istilah illegal copy-paste. Sebagai seorang blogger anda pasti akan merasa kecewa bilamana artikel yang anda buat dengan ide dan pemikiran anda ternyata dicuri orang. Duplikasi artikel dari pihak tertentu yang enggan memberikan link sumber seharusnya tidak perlu dilakukan karena akan sangat merugikan orang lain. Copy-paste sah-sah saja asal tidak keberatan untuk mencantumkan link sumber. Hal ini sebagai wujud etika blogging yang sehat, dan tidak mencederahi orang lain.

Buat sobat yang ingin mencari tahu apakah artikel anda ada yang mencuri bisa dilakukan pengecekan dengan mudah. Ada banyak cara untuk melakukan pengecekan apakah artikel anda ada yang diambil orang tanpa sepengetahuan anda atau tidak. Web analytics adalah alat yang tepat untuk memonitor kegiatan-kegiatan yang terjadi pada blog anda.
Panduan cara memonitor artikel blog yang diambil blogger lain tanpa sepengetahuan Anda
Cara yang paling cepat adalah dengan meng-copy beberapa baris awal artikel anda kemudian paste di kolom pencarian search engine (Google, Bing, dll) lalu tekan tombol pencarian atau Enter.
Disini hasilnya akan kelihatan duplikasi artikel oleh blogger bersangkutan jika memang terjadi pencurian artikel.
Cara diatas sangat mudah dan cepat, namun juga memiliki sisi kekurangan.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan web analytic. Salah satunya adalah Histats, berikut caranya:
Masuk ke Histats menggunakan akun anda
Buka statistic blog yang anda daftarkan di Histats
Buka link Referring site yang terletak di sebelah kanan halaman Histat
Perhatikan pada data Referral Url. Disitu anda bisa melihat sumber URL yang masuk ke blog anda, dan daftar URL blog yang mencuri artikel anda.
Cara mengetahui pencuri artikel
Untuk memastikan apakah blogger bersangkutan memang melakukan tindak pencurian artikel atau menyertakan link blog anda silahkan klik link tersebut.
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


1 komentar:

korban tempir mengatakan...

Jadi, tahu lebih dalam nih sob tentang ilmu Belajar SEO, dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com