Rabu, 22 Agustus 2012

Krisis Lini Belakang, MU Pilih Beli Penyerang

4.5 . Rabu, 22 Agustus 2012

Bursa transfer musim panas 2012-13 di Premier League akan segera berakhir, tepatnya pada 31 Agustus 2012. Beberapa klub top Inggris telah mendatangkan beberapa pemain bintang untuk memperkokoh masing-masing skuatnya, termasuk Manchester United.

Krisis Lini Belakang, MU Pilih Beli Penyerang

The Red Devils sejauh ini telah membeli lima pemain baru. Mereka adalah Shinji Kagawa, Nick Powell, Robin van Persie, Alexander Buttner, dan Angelo Henriquez.

Jumlah ini lebih banyak dari belanja yang dilakukan MU pada awal musim lalu (2011-12). Tampaknya manajer MU, Sir Alex Ferguson, menuruti apa yang dikatakan mantan anak asuhnya, Roy Keane, yang menyarankan MU untuk lebih aktif di bursa transfer. Pernyataan itu dilontarkan beberapa saat setelah Fergie dipastikan gagal membawa timnya menjadi juara Premier League musim lalu.

"Ini adalah berkah tak terduga. Bukan hal buruk kalau MU gagal juara. Mereka akan melakukan reinvestasi lagi. Lihat saja setelah kalah dari Barcelona (final Liga Champions 2010-11), MU menghabiskan lebih dari 50 juta poundsterling untuk David De Gea, Phil Jones, dan Ashley Young. Mereka sangat bertalenta," sindir Keane kepada Soccernet, 4 Mei lalu.

Fergie memang telah melakukan perubahan pada kebijakan transfernya di MU saat ini. Tujuannya jelas, mereka tidak ingin kalah bersaing dengan klub lain terutama rival sekota mereka, Manchester City.

Kualitas Pemain Baru Manchester United

Kagawa merupakan nama pertama yang didatangkan Fergie ke Old Trafford. Pemain timnas Jepang ini menandatangani kontrak pada 5 Juni lalu. Kehadirannya diharapkan bisa menggantikan peran Paul Scholes sebagai playmaker di lini tengah.

Kualitas pemain berusia 23 tahun itu memang tidak diragukan lagi. Pemain terbaik 2011-12 pilihan European Sports Media ini mampu membawa klub lamanya, Borussia Dortmund, menjuarai Bundesliga dua musim berturut-turut (2010–11 dan 2011–12). Selama dua musim di Jerman, dia berhasil mencetak 21 gol dari 49 pertandingan.

Nama selanjutnya adalah Nick Powell. Sebelumnya tak banyak orang yang tahu mengenai kehebatan pemain 18 tahun ini karena hanya tampil membela Crewe Alexandra yang saat itu masih tampil di League Two, sebuah kompetisi sepakbola kasta keempat di Inggris.

Powell dikenal sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan di Inggris. Di usia 16 tahun, dia sudah dipercaya masuk tim senior Crewe. Pada 2009, untuk kali pertama dia dipanggil timnas Inggris untuk U-16. Selanjutnya dia menjadi bagian skuat U-17 dan U-18.

"Dia (Powell) pemain yang menjanjikan. Saya telah melihat cuplikan video dia termasuk pertandingannya. Dia punya gaya yang sulit ditebak. Sepertinya dia seorang pemuda yang penuh percaya diri dan sangat mudah menyatu di tim," kata bek tangguh MU, Rio Ferdinand, dilansir Tribal, 18 Juli lalu.

Robin van Persie adalah rekrutan MU yang paling disorot. Bagaimana tidak, proses transfer ini dibumbui aroma pengkhianatan dan optimisme. RvP datang dari rival MU di Premier League, Arsenal. Fans The Gunners mengecam keputusan eks kapten klub kesayangannya ini. Namun, dukungan datang bertubi-tubi dari simpatisan MU, termasuk legenda mereka, Steve Bruce.

"Dia (RvP) cocok sebagai striker tunggal, dan Wayne (Rooney) akan membantu di belakangnya. Tak terbayangkan jika MU bisa menduetkan Van Persie dan Rooney. Itu akan jadi kombinasi yang mengerikan," ujar Bruce kepada talkSport.

Selanjutnya adalah Alexander Buttner dari klub Eredivisie, Vitesse. MU berharap Buttner bisa menjadi pelapis sepadan Patrice Evra di posisi bek kiri.

"Alexander adalah salah satu bek kiri muda terbaik di Eropa dan kami senang telah merekrutnya. Dia adalah pemain yang kami pantau. Bagi kami, dia menjadi salah satu pilihan terbaik di posisi itu," ucap Fergie di situs resmi klub, Manutd.com.

Nama terakhir adalah Angelo Henriquez. Remaja Chile berusia 18 tahun ini baru masuk skuat senior klub lamanya, Universidad de Chile, pada musim lalu. Dia dipercaya tampil sebanyak 17 pertandingan dan mampu mencetak 11 gol.  Fergie kepincut untuk meminangnya setelah melihat aksi Henriquez pada turnamen Milk Cup di Irlandia Utara beberapa waktu lalu.

Abaikan Lini Belakang
MU telah menjalani laga perdana Premier League 2012-13 saat bertandang ke Goodison Park, Senin 20 Agustus 2012. Hasilnya, The Red Devils harus mengakui keunggulan Everton dengan skor 0-1. Lini belakang pun menjadi sorotan fans MU.

Di pertandingan itu, Fergie menurunkan Antonio Valencia sebagai bek kanan. Padahal pemain asal Ekuador itu merupakan sorang penyerang sayap. Selain itu, Michael Carrick yang notabene seorang gelandang bertahan didapuk menjadi bek tengah menemani Nemanja Vidic.

Keputusan yang terkesan memaksakan ini diakibatkan cedera yang menghampiri empat bek MU. Bahkan, Vidic sebenarnya baru sembuh setelah mengalami cedera ligamen lutut saat menghadapi Basel di penyisihan grup Liga Champions, Desember tahun lalu.

Rio Ferdinand dan Phil Jones masih bekutat dengan cedera punggung. Sedangkan Chriss Smalling belum bisa tampil karena cedera metatarsal yang dideritanya akhir musim lalu. Jonny Evans juga dalam tahap penyembuhan usai menjalani operasi.

Atas krisis ini, Fergie mengakuinya. Namun, dia tidak memberikan sinyal akan mengambil solusi dengan membeli pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Padahal, pemain yang tersisa di posisi ini adalah Michael Keane yang masih berusia 19 tahun.

"Saya pikir tidak ada bek yang kini cedera yang akan fit pada laga Sabtu depan. Semoga Jonny Evans segera pulih. Dalam beberapa pekan kedepan semoga dia bisa main. Michael Carrick tidak biasa main di bek tengah tapi dia tampil cukup baik. Dia tampil baik (saat melawan Everton), semuanya juga begitu," ujar Sir Alex pada MUTV setelah laga melawan Everton.

Badai cedera bukan kali ini saja dialami pemilik 19 trofi Premier League ini. Dalam beberapa musim terakhir, Ferdinand dan Vidic sering absen akibat cedera. Padahal, mereka adalah bek paling senior yang diandalkan Fergie untuk membantu kiper berusia 21 tahun, David De Gea, menjaga gawangnya.

Pertanyaan pun muncul ketika mengamati rekrutan baru Fergie di bursa transfer musim panas ini. Dari lima pembelian, hanya satu pemain yang berperan sebagai pemain bertahan. Itu pun berposisi sebagai bek kiri, yaitu Buttner. Sisanya, Fergie memilih pemain yang bertipikal menyerang.

Apabila melihat susunan pemain yang dimiliki sebelumnya, lini depan MU sebenarnya cukup menjanjikan. Fergie telah memiliki Rooney, Javier Hernandez, Dimitar Berbatov, Federico Macheda, Bebe, dan andalan timnas Inggris di Piala Eropa 2012, Danny Welbeck. Namun, ternyata mereka lebih senang menambahkan Van Persie berada di skuatnya musim depan.

Di lini tengah, pembelian Kagawa dianggap sebagai pilihan paling cerdas. MU kehilangan sosok pengatur serangan setelah Scholes dan Ryan Giggs semakin bertambah umur. Dengan kehadiran Kagawa, diharapkan kinerja Valencia, Luis Nani, Anderson, Ashley Young, Tom Cleverley, dan Darren Fletcher semakin padu. Sedangkan pembelian Powell kemungkinan besar hanya sebagai investasi saja.

Belakangan ini, Fergie diyakini sedang mendekati playmaker Real Madrid, Kaka. Spekulasi ini pun muncul di situs resmi MU. Dalam sebuah artikel disebutkan bahwa mereka akan mendatangkan Kaka dengan status pemain pinjaman selama satu musim ke depan.

Jelas hal ini sangat mengherankan mengingat pemain yang sebenarnya dibutuhkan MU adalah seorang bek tengah. Rumor kehadiran Kaka di Old Trafford tentunya akan menjadi berita tidak sedap untuk pemain muda potensial MU. Seperti Anderson, Cleverley, bahkan untuk striker mereka semacam Welbeck dan Macheda karena Kaka bisa juga ditempatkan sebagai penyerang lubang.

Di laga perdana Premier League lalu, dari enam tim unggulan juara, hanya Manchester City dan Chelsea yang sukses meraih kemenangan. MU, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Arsenal agal meraih tiga poin. ManCity sudah menunjukkan kualitasnya sebagai juara bertahan.

Tentunya Fergie tidak ingin kegagalan musim lalu terulang. Pria asal Skotlandia ini harus segera berbenah merombak skuatnya jika tidak ingin kalah start. Terutama memperbaiki kinerja di lini belakangnya.

Masa bursa transfer kini tersisa sekitar satu minggu ke depan. Belum ada kata terlambat bagi Fergie untuk melakukan pembelian yang sesuai dengan apa yang paling dibutuhkan di skuatnya.

source:
http://bola.viva.co.id/news/read/345714-krisis-lini-belakang--mu-pilih-beli-penyerang
http://sangatuniksekali.blogspot.com/2012/08/krisis-lini-belakang-mu-pilih-beli.html
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Please do not SPAM or commented by stating the link !

Anda MALING seperti saya, jadilah maling bijak!

Saya anggap Anda pengunjung yang baik dan bernyali untuk tidak menggunakan komentar dengan fasilitas ANONYMOUS.

Pergunakan komentar ini dengan bijak !

Mungkin memerlukan beberapa jam untuk me-Moderasi komentar anda guna masuk seleksi juri kami, apakah layak juri terbitkan atau tidak ! Makasih untuk tidak membuang sampah disini !

Recent Posts

Artikel di blog ini kebanyakan berasal dari berbagai sumber media, maka tentunya Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber-sumber tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami.
Maka dari itu hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan artikel sebagaian atau sepenuhnya diperbolehkan dengan syarat mengacu pada aturan Google yang berlaku.
Terima Kasih atas pengertiannya !
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
DMCA.com